Membuat Seni Desain Vector untuk Perancang Grafis

Kompetensi yang akan dipelajari dalam program pelatihan ini meliputi : menentukan tujuan dan kendala dari desain grafis yang akan dibuat berdasarkan hasil konsultasi dengan pelanggan dan stakeholder; melakukan penelitian dan menganalisis kebutuhan atau permintaan; memilih unsur dan elemen yang akan dituangkan dalam rancangan grafis; merancang pola grafis untuk keperluan karya untuk penerbitan, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan iklan produk dengan menarik.

Tujuan Umum

  1. Peserta mampu menentukan tujuan dan kendala dari desain grafis yang akan dibuat sesuai dengan hasil konsultasi dengan pelanggan dan stakeholder minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi.
  2. Peserta mampu melakukan penelitian dan menganalisis kebutuhan atau permintaan sesuai dengan tujuan desain minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi.
  3. Peserta mampu memilih unsur dan elemen yang akan dituangkan dalam rancangan grafis sesuai dengan kebutuhan desain minimal sebanyak 1 kali simulasi.
  4. Peserta mampu merancang pola grafis untuk keperluan karya untuk penerbitan, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan iklan produk dengan menarik sesuai dengan kebutuhan pelanggan minimal 1 produk.

Tujuan Khusus

  1. Peserta mampu mempersiapkan informasi
  2. Peserta mampu menganalisis informasi
  3. Peserta mampu merumuskan informasi kunci
  4. Peserta dapat memahami pengembangan informasi kunci
  5. Peserta dapat memahami pengolahan gagasan konsep desain
  6. Peserta memahami komunikasi konsep desain dalam tim internal
  7. Peserta mampu menetapkan konsep desain dalam tim internal
  8. Peserta mampu menerapkan materi informasi yang berkaitan dengan pengetahuan dasar desain
  9. Peserta mampu menjelaskan pengetahuan dasar seni rupa
  10. Peserta mampu menjelaskan pengertian dasar desain sebagai bagian dari lingkup seni rupa
  11. Peserta mampu memilih jenis perangkat lunak
  12. Peserta mampu menetapkan perangkat lunak
  13. Peserta memahami identifikasi design brief atau project brief
  14. Peserta mampu membuat sketsa karya desain
  15. Peserta mampu mengembangkan wujud karya desain
  16. Peserta teliti dalam mendiskusikan wujud karya desain
  17. Peserta mampu menciptakan purwarupa/dummy karya desain

Materi Pembelajaran

• Kompetensi 1 - Menentukan tujuan dan kendala desain grafis
  1. Mengorganisasi informasi terkait proyek desain (07:39)
  2. Total durasi ebook/modul (10:00)
  3. Total pembelajaran : 17,39 menit

• Kompetensi 2 - Melakukan penelitian dan menganalisis kebutuhan
  1. Menetapkan konsep desain (09:43)
  2. Total durasi ebook/modul (10:00)
  3. Total pembelajaran : 19,43 menit

• Kompetensi 3 - Memilih unsur dan elemen rancangan grafis
  1. Mengaplikasikan prinsip dasar desain (10:00)
  2. Total durasi ebook/modul (10:00)
  3. Total pembelajaran : 20 menit

• Kompetensi 4 - Merancang pola grafis untuk karya desain
  1. Memilih jenis perangkat lunak (09:53
  2. Menetapkan perangkat lunak (09:58)
  3. Mengidentifikasi desain brief (09:51))
  4. Membuat sketsa karya desain (07:46)
  5. Mengembangkan wujud karya desain (07:07)
  6. Mendiskusikan wujud karya desain (08:07)
  7. Menciptakan purwarupa dummy karya desain (08:18)
  8. Membuat lembar kerja baru (09:50)
  9. Membahas tampilan dan fungsi cdr (09:55)
  10. Membahas menu Edit cdr (08:47)
  11. Membahas menu View, Layout, Objek (Powerclip, Order, Group) cdr (09:55)
  12. Membahas menu Object (Shaping) cdr (09:56)
  13. Membahas menu Effect, Bitmap, Text table cdr (08:40)
  14. Membahas tool Pick - Text tool cdr (09:49)
  15. Membahas tool warna cdr (09:57)
  16. Pengenalan logo (08:00)
  17. Membuat logo Part 1 (09:54)
  18. Membuat logo Part 2 (09:22)
  19. Membuat logo Part 3 (08:26)
  20. Membuat logo Part 4 (09:45)
  21. Membuat pola karakter Part 1 (09:19)
  22. Membuat pola karakter Part 2 (09:33)
  23. Membuat pola karakter Part 3 (09:30)
  24. Membuat pola karakter Part 4 (09:28)
  25. Membuat pola karakter Part 5 (09:20)
  26. Membuat pola karakter Part 6 (09:57)
  27. Membuat pola karakter Part 7 (09:28)
  28. Pengenalan vector art (08:56)
  29. Membuat vector art (Wajah) (09:57)
  30. Membuat vector art (Mata) Part 1 (09:48)
  31. Membuat vector art (Mata) Part 2 (09:27)
  32. Membuat vector art (Bibir) (09:31)
  33. Membuat vector art (Leher dan rambut) (09:30)
  34. Membuat vector art (Memberikan warna) (09:56)
  35. Membuat vector art (Tangan) (09:57)
  36. Membuat vector art (Badan) (09:56)
  37. Membuat vector art (Merapikan objek) (09:56)
  38. Membuat vector art (Penyelesaian tahap akhir) (09:29)
  39. Total durasi ebook/modul (30:00)
  40. Total pembelajaran : 376,14 menit

Tentang Instruktur

Tonny Rimba Pratama

Tonny Rimba Pratama, demikian nama lengkapnya, adalah lulusan dari salah satu universitas swasta pada tahun 2019. Ilmu keguruan menjadi prodi pilihannya untuk meniti karir. Skill dan ilmu yang kompeten di bidang desain grafis yang telah ia miliki, membawanya untuk bekerja menjadi tutor desain grafis di YP.Fitri Al-Baasitu. Ia juga telah memahami desain grafis secara praktikal.