Mengoptimalkan Strategi Penjualan untuk Spesialis Pemasaran

Program pelatihan ini dapat membantu calon spesialis pemasaran dalam mengoptimalkan startegi pemasaran untuk mengembangkan bisnis. Kompetensi yang akan dipelajari dalam program pelatihan ini meliputi, mengidentifikasi keinginan konsumen, penggunaan media sosial, memantau pencapaian pemasaran, dan memantau pencapaian target penjualan.

Tujuan Umum

  1. Peserta mampu mengidentifikasi keinginan konsumen sesuai kebutuhan pasar minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi.
  2. Peserta mampu mendukung pertumbuhan bisnis dan pengembangan melalui penyusunan dan pelaksanaan tujuan, kebijakan dan program pemasaran sesuai dengan prosedur penjualan minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi.
  3. Peserta mampu memberi saran tentang semua elemen pemasaran sesuai kebutuhan konsumen minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi.

Tujuan Khusus

  1. Menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk menggunakan media sosial.
  2. Menggunakan media sosial untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan ritel.
  3. Mempromosikan produk dan pelayanan ritel di media sosial
  4. Meninjau penggunaan media sosial
  5. Menerapkan kebijakan dan prosedur penjualan
  6. Menerapkan perbaikan implentasi prosedur dan kebijakan
  7. Memantau pencapaian target penjualan
  8. Melakukan riset pasar dan tren pemasaran digital
  9. Meninjau aktivitas pemasaran digital
  10. Melakukan aktivitas pemasaran digital

Materi Pembelajaran

A. Mengidentifikasi keinginan konsumen
  1. Pengenalan Digital Marketing (06:23)
  2. Google Trends (08:32)
  3. Kata Kunci (09:12)
  4. SEO Keyword (05:23)
  5. Total durasi ebook/modul (30:00)
  6. Total pembelajaran : 58,90 menit

B. Penggunaan media sosial
  1. Instagram Bisnis (06:38)
  2. Google Bisnis (09:28)
  3. Facebook Bisnis (08:08)
  4. Posting di Facebook (05:18)
  5. Posting di Google My Business (09:08)
  6. Facebook Creator (09:01)
  7. Insight Instagram (10:01)
  8. Mengenal Tools pada Canva (06:06)
  9. Membuat Flyer pada Canva (08:03)
  10. Link Pemesanan Instagram (08:41)
  11. Facebook Marketplace (06:44)
  12. QR Code Monkey (07:49)
  13. Total durasi ebook/modul : 30 menit
  14. Total pembelajaran : 123,45 menit

C. Memantau pencapaian pemasaran
  1. Membuat akun Blogspot (07:13)
  2. Tema Blogspot (07:07)
  3. Google Analytic (07:34)
  4. Google Consule (06:53)
  5. SEO Blogger (05:01)
  6. Membuat Toko Online Blogger (06:40)
  7. Link Pemesanan Blogger (07:21)
  8. Promosi Instagram (09:58)
  9. Google Adsense (09:47)
  10. Total durasi ebook/modul (30:00)
  11. Total pembelajaran : 104,92 menit

D. Memantau pencapaian target penjualan
  1. Membuat Google Form (08:32)
  2. Setting Google Form (07:36)
  3. SEO E-commerce (07:33)
  4. SEO Facebook (08:00)
  5. SEO Instagram (08:30)
  6. Youtube Keyword (07:55)
  7. Pelayanan 1 (08:00)
  8. Pelayanan 2 (06:48)
  9. Pelayanan 3 (08:42)
  10. Pelayanan 4 (06:24)
  11. Total durasi ebook/modul (30:00)
  12. Total pembelajaran : 106 menit

Tentang Instruktur

Fitri Wahyuningsih

Fitri Wahyuningsih adalah seorang instruktur digital marketing di Yayasan Pendidikan Fitri Al Baasitu. Beliau telah memiliki banyak wawasan tentang digital marketing. Awalnya beliau melihat banyaknya orang yang menggunakan gadget untuk segala keperluannya hingga kini semua dapat diperoleh dengan mudah melalui media sosial. Selain itu beliau menularkan ilmunya melalui pelatihan digital marketing guna memaksimalkan penggunaan smartphone yang bisa digunakan untuk memberikan income tambahan bagi masyarakat terutama pelaku usaha UMKM dan masyarakat umum.