Mengolah Data Excel untuk Juru Tata Usaha Pembukuan

Program pelatihan ini dapat membantu calon spesialis pemasaran dalam mengoptimalkan startegi pemasaran untuk mengembangkan bisnis. Kompetensi yang akan dipelajari dalam program pelatihan ini meliputi, mengidentifikasi keinginan konsumen, penggunaan media sosial, memantau pencapaian pemasaran, dan memantau pencapaian target penjualan.

Tujuan Umum

  1. Peserta mampu membuat masukan ke dalam catatan laporan pembukuan sesuai dengan okupasi juru tata usaha pembukuan dalam 3 kali simulasi
  2. Peserta mampu membuat perhitungan/penjumlahan yang penting sesuai dengan okupasi juru tata usaha pembukuan dalam 3 kali simulasi
  3. Peserta mampu melaksanakan fungsi lain dalam bidang pembukuan sesuai dengan okupasi juru tata usaha pembukuan dalam 3 kali simulasi
  4. Peserta mampu membukukan rincian biaya produksi per unit yang ada sesuai dengan okupasi juru tata usaha pembukuan dalam 3 kali simulasi
  5. Peserta mampu membukukan kalkulasi hak upah dari laporan jam yang dikerjakan atau pekerjaan yang dilaksanakan oleh masing-masing sesuai dengan devisi dalam 3 kali simulasi
  6. Peserta mampu mempertanggung jawabkan atas semua yang perlu dibukukan dan menyimpan pembukuan untuk semua urusan bisnis termasuk menyediakan hasil pembukuan yang telah dibuat sesuai dengan okupasi juru tata usaha pembukuan dalam 3 kali simulasi.

Tujuan Khusus

  1. Membuat dokumen
  2. Melakukan editing sederhana atas kolom dan baris
  3. Mengidentifikasi cell yang akan diolah
  4. Menggunakan formula pada lembar kerja
  5. Menggunakan fungsi
  6. Menggunakan filter
  7. Menggunakan grafik (chart)
  8. Mempersiapkan data yang akan dimasukkan
  9. Memasukkan data dengan perangkat computer
  10. Mengimport data dari sumber elektronis
  11. Mencetak dokumen
  12. Mengintegrasikan berkas spreadsheet

Materi Pembelajaran

A. Membuat catatan laporan pembukuan
  1. Mengenal dan mengetahui tools dasar microsoft excel (09:07)
  2. Mengetahui komponen dasar pada Microsoft Excel dan melakukan editing sel (09:41)
  3. Membuat serta mengatur format penomoran dan tanggal pada sel (08:34)
  4. Memasukkan serta mengatur format perhitungan ke dalam laporan pembukuan (09:12)
  5. Mengetahui fungsi conditional formatting dan jenis-jenisnya (07:41)
  6. Mengaplikasikan conditional formatting dengan menggunakan new rule (08:39)
  7. Memberikan keterangan kondisi pada data agar mudah dianalisa (09:28)
  8. Total durasi ebook/modul (15:00)
  9. Total pembelajaran : 76,02 menit

B. Membuat perhitungan dengan rumus formula
  1. Melakukan perhitungan dengan formula sederhana (09:50)
  2. Mengenal formula if tunggal dan mengaplikasikannya untuk data teks (08:24)
  3. Menggunakan formula logika untuk data numerik (09:32)
  4. Mengetahui fungsi logika kompleks dan mengaplikasannya untuk data numerik dengan rumus If (09:40)
  5. Mengolah data majemuk dengan menggunakan formula logika (rumus IFS) (09:53)
  6. Mengidentifikasi data menggunakan fungsi logika tunggal dan majemuk (09:31)
  7. Total durasi ebook/modul (15:00)
  8. Total pembelajaran : 70,30 menit

C. Melaksanakan fungsi lain di bidang pembukuan
  1. Mengidentifikasi ciri-ciri tabel referensi vlookup dan menganalisa rumus vlookup (08:34)
  2. Mengidentifikasi laporan pembukuan menggunakan dengan rumus vlookup (1) (09:57)
  3. Mengidentifikasi laporan pembukuan dengan rumus vlookup (2) (08:02)
  4. Mengenali fungsi hlookup dan mengidentifikasi komponen rumus hlookup (07:43)
  5. Mengaplikasikan hlookup pada tabel pembukuan (1) (09:52)
  6. Mengaplikasikan hlookup pada tabel pembukuan (2) (09:43)
  7. Mengidentifikasi perumusan data dengan menggunakan vlookup dan hlookup (09:36)
  8. Mengaplikasikan formula vlookup dan hlookup dalam 1 tabel part 1 (09:56)
  9. Mengaplikasikan formula vlookup dan hlookup dalam 1 tabel part 2 (09:56)
  10. Total durasi ebook/modul (15:00)
  11. Total pembelajaran : 95,79 menit

D. Membukukan rincian biaya produksi
  1. Melakukan pemasukan dan perhitungan rincian biaya produksi (09:35)
  2. Mengolah data menggunakan auto filter (07:32)
  3. Mengolah data menggunakan advanced filter (08:20)
  4. Mengidentifikasi data yang akan diurutkan menggunakan sort (10:00)
  5. Mempresentasikan data dengan menggunakan grafik column (09:53)
  6. Mempresentasikan data dengan menggunakan grafik pie serta melakukan berbagai editing (09:09)
  7. Mempresentasikan data dengan menggunakan grafik line (08:47)
  8. Menyajikan data dalam bentuk grafik yang berasal dari banyak tabel (09:56)
  9. Total durasi ebook/modul (15:00)
  10. Total pembelajaran : 86,52 menit

E. Membukukan kalkulasi hak upah dari laporan
  1. Memberikan gambaran tentang konsep gaji dan teknis perhitungan gaji (09:57)
  2. Menganalisa cara menghitung durasi jam lembur (09:32)
  3. Mengkalkulasi upah lembur dengan menyesuaikan durasi lembur (09:57)
  4. Mengkalkulasi total gaji dengan formula yang telah ditentukan (10:00)
  5. Total durasi ebook/modul (15:00)
  6. Total pembelajaran : 53,46 menit

F. Menyimpan dan mengintegrasikan pembukuan
  1. Melakukan pencetakan dokumen dengan baik (09:32)
  2. Menjelaskan fungsi pivottable dan memberikan gambaran tentang cara menganalisa pivottable (09:57)
  3. Menjelaskan gambaran langkah-langkah proses pengolahan data menggunakan pivottable (08:31)
  4. Mengolah dan menyajikan data menggunakan fitur pivottable bersumber dari 1 database (09:55)
  5. Mengatur tampilan data pivottable dengan menggunakan pivottable fields (09:33)
  6. Menganalisis data dengan menggunakan fitur pivottable dengan bersumber data dari banyak sheet part 1 (09:45)
  7. Menganalisis data dengan menggunakan fitur pivottable dengan bersumber data dari banyak sheet part 2 (07:47)
  8. Mengenal fungsi hyperlink dan menjelaskan komponennya (09:56)
  9. Melakukan proses hyperlink pada sekumpulan sheet (07:49)
  10. Memodifikasi data hasil hyperlink (08:36)
  11. Total durasi ebook/modul (15:00)
  12. Total pembelajaran : 103,41 menit

Tentang Instruktur

Nurkayati

Nurkayati adalah seorang eks-staf administrasi pada perusahaan penyiaran swasta, yang saat ini sedang fokus menjadi pengajar aplikasi perkantoran. Berdasarkan pengalaman yang ia miliki sebagai staff administrasi, ia telah memahami aplikasi perkantoran secara practical sehingga banyak alumni yang telah berhasil ia luluskan yang telah bekerja atau membuka usaha. Banyak hal yang telah ia kuasai meliputi Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Powerpoint secara praktikal.